Buku Tamu Umum Pengurus RW RT

Foto Buku Tamu Umum Pengurus RW RT

Sebelumnya perlu diketahui, bahwa Buku Tamu adalah buku yang diperuntukan untuk mencatat siapa saja tamu yang berkunjung, dicatat lengkap baik waktu kunjungannya, identitasnya, tujuannya, kesan dan pesan/saran, tanda tangan dan stempel (jika dari instansi)

Ada 3 Buku Tamu yang penting dimiliki oleh Pengurus RW RT, yaitu :

  1. Buku Tamu Umum

Untuk mencatat tamu umum. Seperti tamu dari kalangan masyarakat, turis asing dsb

  1. Buku Tamu Khusus

Untuk mencatat Tamu Khusus. Seperti tamu dari kalangan Pengurus Assosiasi RW RT Tingkat Kelurahan/Kecamatan/Kota, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Tingkat Kelurahan/Kecamatan/Kota, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Tingkat Kelurahan/Kecamatan/Kota, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tingkat Kelurahan/Kecamatan/Kota, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tingkat Kelurahan/Kecamatan/Kota , Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Tingkat Kelurahan/Kecamatan/Kota, Karang Taruna Tingkat Kelurahan/Kecamatan/Kota, dsb.

  1. Buku Tamu Dinas

Untuk mencatat Tamu Dinas. Seperti tamu dari Dinas Kependudukan, Dinas Kesehatan, Pak Lurah Pak camat dan Pak Walikota.

Untuk perbedaan Format ketiganya tidak begitu mencolok, hampir sama dan jangan dibuat ribet. Bedakan saja covernya dan untuk Buku Tamu Umum hilangkan kolom NIP, kolom jabatan dan kolom instansi, untuk Buku Tamu Khusus hilangkan kolom NIP dan untuk Buku Tamu Dinas adakan ketiganya dan jangan lupa tanyakan dan catat nomor surat tugasnya. Kenapa? Karena tamu yang mengatasnamakan Dinas Tertentu wajib kedatangannya didukung Surat Tugas, jika dia tidak mampu menunjukan Surat Tugas berarti dia tidak dalam konteks tujuan dinas, maka buku tamu yang cocok dia isi adalah Buku Tamu Umum.

Saya share contoh formatnya dalam bentuk file Microsoft Word agar anda mudah mengeditnya dan jangan lupa ganti logonya.

Buku Tamu Umum Pengurus RW RT

Leave a comment

Your email address will not be published.




%d bloggers like this: